Jumat, 17 Desember 2010

MISTERI WAJAH GAJAHMADA

Lukisan Sosok Gajahmada
     Gajahmada, nama tersebut mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Beliau sempat menjabat Mahapatih di Kerajaan Majapahit (1334), jabatan tersebut bukan sembarangan jabatan sebab jabatan tersebut merupakan salah satu jabatan tertinggi di Kerajaan Majapahit. Bahkan setelah itu beliau sempat menjabat dijabatan yang lebih tinggi lagi, yaitu Amangkubhumi (Perdana Mentri) yang menghantarkan Majapahit kepuncak kejayaannya. Beliau juga pernah menjabat (awal kariernya) menjadi komandan Pasukan Khusus Bhayangkara dan berhasil meredam pemberontakan Ra Kuti dan menyelamatkan Prabu Jayanegara (putra dari Raden Wijaya).

     Itu mungkin adalah sepintas perjalanan karier Gajahmada dikerajaan Majapahit. Sampai saat ini masih belum jelas kapan beliau lahir, sebab dari sumber yang ada pada saat ini hanya baru mengungkapkan karier beliau. Karier Gajahmada terus meningkat dikarenakan beliau hampir selalu meredam atau menumpas disetiap peristiwa yang membahayakan Majapahit. Itulah sebabnya sosok beliau selalu digambarkan sebagai sosok yang tegas, kokoh, cerdas dan sebagainya.
Mohammad Yamin
     Tetapi gambar atau patung yang selama ini kita lihat dan saksikan masih disangsikan kebenarannya. Patung atau arca yang pertama kali dikenalkan oleh Muhammad Yamin adalah sebuah rekaan M. Yamin saja, sebab bagi M. Yamin dari beberapa dokumen jaman dahulu menyebutkan bahwa Gajah Mada adalah sosok yang tangguh, perkasa, kekar dan berotot. Asal usul arca tersebut sebenarnya ditemukan di situs Trowulan dan merupakan celengan yang biasa dipakai oleh masyarakat Majapahit untuk menyimpan uang mereka. Hal ini juga diperkuat pleh Dwi Hartanto SS, Seorang pamong budaya dikecamatan pring apus dan kecamatan bergas, Lulusan Fakultas Sejarah UNDIP ini membenarkan bahwa sosok wajah yang dinyatakan Gajah Mada selama ini adalah metrupakan gambar dari Patung Celengan Yang ditemukan di trowulan.[1] Jadi selama ini wajah atau arca yang kita kenal adalah hanya rekaan dari Muhammad Yamin saja.
Arca Dugaan Wajah Gajahmada

[1] http://www.facebook.com/topic.php?uid=152737407486&topic=12802


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Keberhasilan dirasakan sebagai amat manis dan indah, bagi mereka yang belum berhasil.

(Mario Teguh)

Followers